Maguwoharjo Direnovasi, PSS Berkandang Dulu di Manahan

Maguwoharjo Direnovasi, PSS Berkandang Dulu di Manahan

Laga PSS Sleman Vs Barito Putera di Stadion Maguwoharjo Sleman, Minggu (26/11/2023).

Solo – PSS Sleman jadi musafir dulu karena Stadion Maguwoharjo lagi direnovasi. Tim Elang Jawa sementara bermarkas di Stadion Manahan Solo.
Stadion Maguwoharjo yang selama ini jadi kandang PSS akan dipermak dulu oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Renovasi ini kabarnya memakan waktu 300 hari.

Nantinya Maguwoharjo akan berkurang kapasitasnya dari 35 ribu penonton karena adanya tribun berdiri, menjadi 20.594 penonton dengan konsep kursi tunggal atau single seat. Selain itu renovasi juga meliputi perbaikan fasilitas operasional pertandingan, pemasangan kursi untuk difabel dan VVIP.

Lalu, peningkatan fasilitas standar FIFA, penambahan tangga untuk akses media dan penonton tamu, perbaikan toilet, dan pekerjaan sistem Mechanical, Electrical, Plumbing (MEP).

Oleh karena itu, PSS akan berpindah kandang ke Stadion Manahan Solo di lima pertandingan ke depan, dimulai saat menghadapi Persita Tangerang, Selasa (27/2) sore WIB kemarin.

Pada laga yang tuntas dengan skor 3-3 itu, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka ikut hadir menonton laga tersebut ditemani CEO PT PSS Gusti Randa. Kedatangan Gibran jadi tanda restu Persis untuk PSS bisa berkandang sementara di Solo.

“Hari ini pertandingan berlangsung menarik. Penonton juga tertib. Semoga pada pertandingan berikutnya bisa juga seperti hari ini,” kata Gibran dalam rilis kepada detikSport.

Setelah ini, PSS masih akan melakoni laga kandang melawan Borneo FC, Arema FC, Dewa United FC dan Persib Bandung. Gibran berharap PSS bisa menjaga stadion Manahan dengan baik sehingga membawa efek positif untuk kota Solo.

“Kita welcome dengan semua klub untuk memakai Stadion Manahan, asalkan tertib dan mau mematuhi aturan yang ada di sini,” lanjutnya.

Saat jeda pertandingan, Gibran mendapat hadiah dari Gusti Randa berupa jersey yang merupakan tanda terima kasih atas izin yang diberikan.

“Sekali lagi, PSS Sleman dalam hal ini manajemen, ofisial, pemain dan para supporter mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wali kota Gibran yang telah memberi izin kami untuk menggunakan Stadion Manahan. Kami berencana akan terus berkandang di Stadion Manahan, sampai Stadion Maguwoharjo selesai direnovasi,” papar Gusti.

Saya berterima kasih sekaligus salut kepada para pendukung PSS yang datang dari Sleman ke Solo. Mereka tentu ingin PSS menang seperti juga saya. Tapi apa mau di kata, hasil akhir imbang 3-3. Dan para pendukunb bisa menerima dengan lapang dada.”

PSS Sleman kini berada di posisi ke-14 klasemen Liga 1 2024 dengan 31 poin dari 26 laga, selisih empat angka dari Arema FC di batas akhir zona degradasi.

Bek Liverpool Ini Ingin Cabut Permanen Ketimbang Dipinjamkan Terus

Bek Liverpool Ini Ingin Cabut Permanen Ketimbang Dipinjamkan Terus

SALZBURG, AUSTRIA - JULY 27: Sepp van den Berg of Liverpool FC looks on prior to the pre-season friendly match between FC Red Bull Salzburg and FC Liverpool at Red Bull Arena on July 27, 2022 in Salzburg, Austria. (Photo by Roland Krivec/DeFodi Images via Getty Images)

Jakarta – Sepp van den Berg kesulitan bersaing di lini belakang Liverpool. Jika situasinya tak berubah, maka bek muda asal Belanda itu lebih memilih untuk pergi secara permanen di musim panas nanti.
Sejak bergabung pada musim panas 2019, Van den Berg hanya tampil empat kali bersama tim utama Liverpool sebelum ‘disekolahkan’ ke Preston North End pada 2021, lalu berlanjut ke Schalke 04 pada musim lalu dan musim ini bersama Mainz 05 di Liga Jerman.

Meski kontraknya di Anfield masih tersisa hingga 2026, Van den Berg siap cabut lebih cepat andai ia melihat kans bermain untuknya terbatas. Ketimbang terus dipinjamkan, ia berharap bisa pindah permanen dan memulai hidup baru dari sana.

“Jika saya kembali ke Liverpool, mereka mungkin ingin saya bertahan. Jika saya tak mendapat waktu bermain yang sering, mungkin saya memilih pergi. Penting bagi saya untuk bisa bermain,” ujar Van den Berg kepada Voetbal Nieuws, dikutip Daily Star.

“Beberapa tahun sebelumnya, saya tidak merasa akan menjadi starter dan bermain bersama Virgil (van Dijk). Saya belum tahu peluang saya seperti apa musim panas nanti. Saya pikir sekarang saya tampil bagus. Saya bisa kok, bermain di Liverpool.”

“Saya bisa bersaing. Tapi menjadi starter jelas berbeda. Virgil dan (Ibrahima) Konate tak mudah untuk dikalahkan. Saya tahu kondisinya akan sulit,” jelas Van den Berg.

Pochettino: Chelsea Butuh Rasa Sakit seperti Ini

Pochettino: Chelsea Butuh Rasa Sakit seperti Ini

Chelsea players react disappointed after Liverpools Virgil van Dijk scored in extra time during the English League Cup final soccer match between Chelsea and Liverpool at Wembley Stadium in London, Sunday, Feb. 25, 2024. (AP Photo/Dave Shopland)

London – Mauricio Pochettino percaya kekalahan menyesakkan di final Carabao Cup akan bermanfaat buat Chelsea. Para pemain The Blues butuh rasa sakit untuk bertumbuh.
Chelsea kalah 0-1 dari Liverpool dalam final Piala Liga Inggris di Wembley, Minggu (25/2/2024) malam WIB. Gol Virgil van Dijk pada menit ke-118 menjadi penentu kemenangan anak-anak Merseyside.

Chelsea cuma bisa menyalahkan diri sendiri atas kegagalan ini. The Blues membuang banyak peluang untuk mencetak gol, hingga gagal mengatasi Liverpool yang memainkan lima pemain belia sejak pertengahan babak kedua.

Cole Palmer menyia-nyiakan kans bagus saat tinggal berhadapan dengan kiper. Conor Gallagher punya setidaknya dua kesempatan emas, satu membentur tiang dan satu lainnya mengarah tepat ke kiper di situasi satu lawan satu.

“Kami menciptakan empat, lima, enam peluang besar dan kami tak mencetak gol. Di laga seperti hari ini dan di sebuah final, mencetak gol pertama itu keuntungan besar,” kata Manajer Chelsea Mauricio Pochettino dikutip BBC.

“Kami tak mencetak gol dan itu sedikit masalah. Kami kebobolan di menit terakhir dan sulit untuk bereaksi.”

“Mereka adalah para profesional, mereka perlu merasakan sakit ini. Kami bermain untuk sebuah trofi yang tak kami dapatkan. Mereka perlu merasakan sakit seperti kami juga.”

“Para pemain merasakan kekecewaan karena kami sangat nyaris menang setelah 90 menit. Kami perlu mengambil hal-hal positif, perlu berusaha lagi, menggunakan laga seperti ini untuk belajar dan menjadi lebih baik,” imbuh pria Argentina ini.

Fahira Idris Puji Polisi Bongkar Kasus Perdagangan Bayi di Jakbar

Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi jajaran Polres Metro Jakarta Barat dan Polsek Tambora yang telah mengungkap dan membongkar dugaan kasus perdagangan bayi dan menangkap tiga orang pelaku tindak pidana perdagangan orang (TPPO).
Menurutnya, respons cepat mengungkap kasus TPPO ini adalah bentuk implementasi nyata dari layanan penegakan hukum oleh Polri yang semakin baik mulai dari penyidikan, penyelidikan, penuntutan sampai putusan pengadilan yang berpihak kepada korban.

“Sebagai warga negara, saya sampaikan apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada Polri terutama Polda Metro Jaya khususnya jajaran Polres Metro Jakarta Barat dan Polsek Tambora yang telah mengungkap kasus ini dan menangkap pelaku,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (25/2/2024).

Dia menjelaskan perdagangan bayi adalah TPPO yang harus dilawan dan cegah bersama. Berdasarkan bukti empiris, perempuan dan anak atau bayi adalah kelompok yang paling banyak menjadi korban TPPO. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat untuk tidak ragu melapor ke Polisi.

“Saat ini, pelaku perdagangan manusia menggunakan berbagai cara untuk melancarkan aksinya. Oleh karena itu, masyarakat jangan ragu melapor kepada kepolisian jika melihat atau mendengar ada indikasi TPPO,” imbuhnya.

Menurut aktivis perlindungan anak ini, TPPO merupakan tindakan yang bertentangan dengan harkat dan martabat manusia dan melanggar hak asasi manusia, sehingga harus diberantas. Selain itu, TPPO khususnya perempuan dan anak telah meluas dalam bentuk jaringan kejahatan baik terorganisasi maupun tidak terorganisasi.

Oleh karena itu, kata da aparat penegak hukum terutama kepolisian sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak baik itu kementerian terkait, pemerintah daerah, masyarakat, termasuk keluarga untuk mencegah dan menangani TPPO.

“TPPO baik modus maupun motifnya sangat kompleks. Oleh karena itu, dalam mencegahnya perlu dukungan semua pemangku kepentingan terutama masyarakat luas dan tentunya keluarga. Pencegahan dan pemberantasan TPPO menjadi agenda penting kita bersama karena merupakan ancaman terhadap masyarakat, bangsa, dan negara, serta terhadap norma-norma kehidupan yang dilandasi penghormatan terhadap hak asasi manusia,” pungkasnya.

Carragher Mau Bujuk Alonso ke Liverpool via Instagram

Carragher Mau Bujuk Alonso ke Liverpool via Instagram

LIVERPOOL, ENGLAND - JUNE 21: Jamie Carragher speaks for Sky Sports after the Premier League match between Everton FC and Liverpool FC at Goodison Park on June 21, 2020 in Liverpool, England. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in all fixtures being played behind closed doors. (Photo by Peter Powell/Pool via Getty Images)

Liverpool – Jamie Carragher berupaya membujuk Xabi Alonso untuk melatih Liverpool. Dia akan menghubungi mantan rekan setimnya itu di Instagram.
Alonso jadi target terdepan Liverpool musim depan. Pelatih Bayer Leverkusen itu dibidik buat menggantikan Juergen Klopp yang memutuskan mundur akhir musim ini.

Xabi Alonso jadi rebutan berkat performa gemilang Bayer Leverkusen. Die Werkself dibawanya tak terkalahkan dalam 32 laga beruntun, serta menjadi pemuncak klasemen sementara Bundesliga.

Legenda Liverpool, Jamie Carragher, menilai Alonso punya peluang pindah ke klub baru apabila Leverkusen menjadi juara Liga Jerman. Dia berharap Liverpool yang berhasil mendapatkan tanda tangannya.

“Dengar, siapa yang tahu apakah dia akan meninggalkan Leverkusen, saya rasa jika dia terus melakukan apa yang kita pikirkan – memenangkan gelar – akan sulit untuk bertahan, karena dia akan mendapat sejumlah tawaran bagus. Saya harap itu Liverpool!” kata Carragher, dilansir dari Daily Star.

Carragher bahkan siap membujuk Alonso untuk gabung ke Liverpool. Keduanya berteman baik karena pernah bermain bareng dengan seragam The Reds pada 2004-2009.

“Saya pikir dia sedang fokus pada Leverkusen saat ini. Namun dia masih menengok story saya di Instagram, jadi saya bisa melihat dia mengecek saya… kita memasuki jeda internasional bulan Maret dan saya akan lihat apa yang terjadi!” ujarnya.

Caleg PPP Bangkalan Ngamuk di Kantor Kecamatan Gegara Kesal Suara Berkurang

Caleg PPP Sampang ngamuk di Kantor Kecamatan.

Jakarta – Caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Sonhaji, mengamuk di Kantor Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Dia mengamuk karena merasa perolehan suara miliknya turun drastis dari perolehan awal.
Dilansir detikJatim, Sabtu (24/2/2024), Sonhaji mengamuk di hadapan para petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Aksinya itu terekam video sejumlah pendukungnya yang turut mendatangi kantor kecamatan yang juga menjadi sekretariat PPK Kwanyar.

Pria yang masih aktif sebagai anggota Komisi D DPRD Bangkalan ini datang bersama puluhan pendukungnya kemudian melakukan aksi di depan kantor kecamatan. Tidak lama kemudian mereka bertemu dengan 5 anggota PPK Kwanyar.

“Saya ingatkan jangan sekali-kali mengubah perolehan suara DPRD Bangkalan, karena kalian akan berhadapan dengan saya dan nyawa taruhannya,” kata Sonhaji, Jumat (23/2).

Sonhaji yang duduk berhadapan dengan 5 anggota PPK itu sempat emosi dan menggebrak meja. Dia kesal karena suaranya turun drastis dari perolehan awal. Ia meminta agar tidak ada penggeseran suara terutama yang berkaitan dengan perolehannya.

“Jangan pernah menggeser suara Sonhaji,” imbuhnya.

Simak selengkapnya di sini.

(fas/fas)

Van Dijk: Liverpool Langsung Fokus ke Final Piala Liga Inggris

Van Dijk: Liverpool Langsung Fokus ke Final Piala Liga Inggris

Soccer Football - Premier League - Liverpool v Luton Town - Anfield, Liverpool, Britain - February 21, 2024 Liverpools Virgil van Dijk celebrates scoring their first goal REUTERS/Molly Darlington NO USE WITH UNAUTHORIZED AUDIO, VIDEO, DATA, FIXTURE LISTS, CLUB/LEAGUE LOGOS OR LIVE SERVICES. ONLINE IN-MATCH USE LIMITED TO 45 IMAGES, NO VIDEO EMULATION. NO USE IN BETTING, GAMES OR SINGLE CLUB/LEAGUE/PLAYER PUBLICATIONS.

Jakarta – Liverpool memetik kemenangan atas Luton Town di Liga Inggris. Kini, The Reds fokus ke final Piala Liga Inggris.
Bertanding di Anfield, Kamis (22/2/2024) dini hari WIB, Liverpool menang 4-1 atas Luton Town. Tim asuhan Juergen Klopp itu ketinggalan lebih dulu akibat gol Chiedozie Ogbene pada babak pertama.

Liverpool membalas pada babak kedua dengan gol-gol Virgil van Dijk, Cody Gakpo, Luis Diaz, dan Harvey Elliott. Liverpool mantap di posisi teratas klasemen Liga Inggris dengan raihan 60 poin.

Pada akhir pekan ini, Liverpool akan menjalani pertandingan final Piala Liga Inggris melawan Chelsea. Laga itu berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (25/2/2024).

Tak ada pemain Liverpool yang cedera di laga melawan Luton Town. Van Dijk pun menegaskan bahwa Liverpool sudah fokus penuh untuk melawan The Blues dalam perebutan trofi.

“Ini penting bagi kami untuk menatap ke depan siapa yang kami hadapi, tapi hari ini juga penting dan sangat sulit untuk berbagai alasan,” kata Van Dijk di BBC.

“Saya pikir tak ada yang cedera dari laga malam ini dan sekarang saatnya untuk fokus ke laga final,” kata dia menambahkan.

Liverpool dan Chelsea terakhir kali berhadapan di final Piala Liga Inggris pada 2022. Saat itu, Liverpool menang atas Chelsea dalam laga sampai adu tendangan penalti.

Kolaborasi Epik PREP dengan Phum Viphurit dalam Gateaway Baca artikel detikpop, “Kolaborasi Epik PREP dengan Phum Viphurit dalam Gateaway” selengkapnya https://www.detik.com/pop/music/d-7204945/kolaborasi-epik-prep-dengan-phum-viphurit-dalam-gateaway. Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Kolaborasi Epik PREP dengan Phum Viphurit dalam Gateaway

PREP rilis lagu Gateaway bareng Phum Viphurit.

Jakarta – PREP baru aja merilis lagu baru berjudul Gateaway nih detikers. Mereka menggaet musisi terkenal asal Thailand, Phum Viphurit untuk project kali ini.
Gateaway dirilis PREP dan Phum lewat labek Bright Antenna Records. Lagu ini bercerita tentang keinginan untuk rehat sejenak. Hmm menarik juga untuk diulas.

PREP pun bercerita bahwa kolaborasinya sama Phum ini karena sempat manggung di Thailand. PREP ngaku punya hubungan yang akrab sama Phum Viphurit sampai diajak ke studio musiknya.
PREP gak pernah ngebayangin kalau studio Phum saat itu jauh banget dari lingkungan yang berisik. Di sana PREP gak mau melewatkan kesempatan dan langsung to the point buat ngajak Phum kolaborasi.

“Kami waktu itu sedang tur di Thailand. Saat itu semuanya terasa sangat intens karena kami tampil di panggung terbesar sepanjang karir kami. Kami sebelumnya sudah ngobrol-ngobrol dengan Phum dan suatu sore Phum menyiapkan sebuah studio buat kami semua nongkrong bersama,” ujar PREP, dalam keterangannya, Rabu (21/2/2024).

“Studionya sangat tersembunyi dan benar-benar jauh dari hingar bingar di luar sana, serta dikelilingi pepohonan, banyak anak-anak bermain di bawah pohon di luar juga. Lagunya dibuat bersama secara cepat dan simpel,” sambungnya.

PREP juga ngaku pertama kali bertemu Phum Viphurit pada November 2022 di Thailand. Saat itu PREP main ke Thailand selepas konser di Joyland Jakarta.

Kolaborasi ini rupanya juga meninggalkan kenangan manis untuk Phum yang ngaku seneng banget diajak join bareng PREP. Phum merasa gak habis pikir bisa ikut bagian dalam band asal Inggris itu.

“Biasanya semuanya dilakukan lewat email. Rasanya sangat menyenangkan mengerjakan lagu ini bersama kalian di studio waktu itu. Aku sangat tidak sabar untuk semuanya mendengar dan merasa terhubung lagu ini.” tutur Phum.

Kalau kamu penikmat musik PREP, kamu pasti tau dong nuansa musik mereka yang mengalir pada R&B kontemporer dan elektronik. Mereka mengambil inspirasi dari sound akhir dekade 70an dan awal 80an, yang sebagian orang sebut sebagai yacht rock.

Kecintaan PREP akan sound itu menyatukan vokalis dan penulis lagu Tom Havelock, keyboardis Llywelyn Ap Myrddin, drummer Guillaume Jambel, dan produser Dan Radclyffe. PREP menampilkan musik pop yang terdengar familiar meski kita belum pernah mendengar musik mereka.

Eden Hazard Nggak Setuju sama Omongan Ronaldo Ini

Eden Hazard Nggak Setuju sama Omongan Ronaldo Ini

Soccer Football - UEFA Euro 2024 Qualifier - Group F - Belgium v Austria - King Baudouin Stadium, Brussels, Belgium - June 17, 2023  Belgiums Eden Hazard acknowledges fans at halftime after retiring from the National team REUTERS/Yves Herman

Jakarta – Cristiano Ronaldo pernah bilang, Liga Arab Saudi sudah lebih baik dari Liga Prancis. Eden Hazard nggak setuju, tuh!
Cristiano Ronaldo yang sudah satu setengah musim bermain bersama Al Nassr, pernah menyebut kalau Liga Arab Saudi makin berkembang. Salah satunya, faktor para pemain top yang datang dan bikin liganya makin seru.

“Terus terang, menurut pendapatku Liga Arab Saudi itu tidak lebih buruk dari Ligue 1,” sahut Cristiano Ronaldo dikutip ESPN di awal tahun 2024 ini.

“Di Ligue 1, kurasa ada dua, tiga tim dengan level yang bagus. Sekarang di Liga Arab Saudi lebih kompetitif. Mereka bisa mengatakan apa yang mereka mau. Ini toh cuma pendapatku dan aku sudah bermain di sana selama setahun, jadi aku tahu apa yang sedang kubicarakan. Namun, sekarang kami lebih baik daripada Liga Prancis. Kami masih terus meningkat,” sambungnya.

Eden Hazard ditanya pendapatnya soal omongan Cristiano Ronaldo itu. Mengingat, Hazard adalah jebolan pemain Ligue 1 alias Liga Prancis dengan memperkuat Lille pada tahun 2008 sampai 2012.

“Pendapat saya, saya tidak setuju dengan Ronaldo,” ujarnya dalam podcast ‘Obi One’.

“Di Liga Arab Saudi, mereka hanya punya pemain top tapi bukan tim yang besar. Di Prancis, mungkin sedikit pemain topnya tapi lebih kompetitif,” lanjutnya.

Eden Hazard menyebut, kalau Liga Prancis langganan melahirkan para pemain bertalenta, baik itu pemain asli Prancis atau pemain dari negara lain. Kalau dilihat satu dekade terakhir, beberapa pemain top yang dulunya menimba ilmu di Liga Prancis adalah Bernardo Silva, Rafael Leao, sampai kini ada nama Kylian Mbappe.

“Level sepakbola di Prancis cukup bagus, saya masih menontonnya. Ada banyak pemain muda bertalenta dan mengerti sepakbola,” tutup Hazard.

KPU Jelaskan Alasan Penghentian Sementara Rekapitulasi Pemilu 2024

Jakarta – Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengakui ada penghentian sementara rekapitulasi di tingkat kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Hasyim menyebut hal itu dalam rangka untuk memastikan akurasi data perolehan suara yang terbaca dalam Sistem Rekapitulasi (Sirekap) sesuai dengan Formulir Model C (catatan penghitungan suara di TPS) hasil di wilayah masing-masing.
“Tentang ada situasi tingkat kecamatan, bahwa rekapitulasi itu kemudian dihentikan sementara dalam rangkanya untuk memastikan ini dulu (Sirekap),” kata Hasyim dalam konferensi pers di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2024).

Hasyim menjelaskan jika di sebuah kecamatan, tayangan antara formulir C. hasil dengan hasil suara di Sirekap telah sinkron, maka rekapitulasi di tingkat kecamatan itu tetap berjalan. Sebaliknya, kata dia, jika belum sinkron, rekapitulasi dari TPS tersebut tidak akan ditayangkan terlebih dulu.

“Sehingga kemudian yang dimaksud dengan dihentikan sementara itu tidak pernah berhenti total, tidak, sembari berjalan bagi yang belum sinkron, atau antara tayangan foto dengan hasil konversi suaranya di dalam Sirekap itu belum kita lanjutkan untuk rekapitulasinya,” jelas dia.

Hasyim menuturkan dalam proses rekapitulasi di tingkat kecamatan, nantinya anggota PPK akan membuka kotak suara dan mengeluarkan Formulir C Hasil dari TPS. Hasyim mengatakan data dalam formulir tersebut akan dicocokkan dengan data di Sirekap, apakah telah sesuai atau belum.

“Kalau tayangan dengan yang hasilnya belum sesuai kan kemudian bisa membingungkan orang,” ujarnya.

“Maka kemudian supaya menghindari problem-problem di lapangan, terutama tingkat kecamatan maka yang sudah sesuai lanjut pleno, lanjut rekap di kecamatan,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik mengatakan untuk Kota Tangerang dan Malinau Utara saat ini sudah kembali melakukan rekapitulasi. Idham memastikan rekapitulasi terus berjalan.

“Hari ini mereka (Kota Tangerang dan Malinau Utara) jalan, hari ini mereka jalan. (Kemarin) mereka fokus pada akurasi dan sinkronisasi data publik sirekap sesuai dengan data autentik foto Formulir C Hasil,” tuturnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI buka suara terkait adanya informasi penghentian sementara rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2024 di tingkat kecamatan. KPU menegaskan proses rekapitulasi tetap berjalan.

Berdasarkan foto yang diterima detikcom, Senin (18/2), terlihat isi pengumuman yang meminta rapat rekapitulasi tingkat kecamatan di Malinau Utara dihentikan dan dilanjutkan pada 20 Februari 2024. Hal itu disebutkan sesuai dengan informasi dari KPU Provinsi Kaltara.

Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik mengatakan jika proses rekapitulasi tetap berjalan. Bahkan, kata dia, terdapat 33 PPK yang telah menyelesaikan proses rekapitulasi.

“Hari kemarin itu ada 33 PPK yang telah menyelesaikan proses rekapitulasinya, dan ada ratusan PPK yang melangsungkan rapat rekapitulasi termasuk di daerah DKI Jakarta,” kata Idham saat dihubungi, Senin (18/2).