Arab Bangun Rumah Ibadah 3 Agama: Ada Kristen sampai Yahudi

Seorang anggota media mengunjungi Sinagoga Moses Ben Maimon selama tur di Rumah Keluarga Abraham di Abu Dhabi pada 21 Februari 2023. - Uni Emirat Arab telah membuka pusat yang menampung masjid, gereja, dan sinagog resmi pertama di negara itu dengan tujuan untuk mempromosikan koeksistensi antaragama di negara Muslim. (RYAN LIM/AFP via Getty Images)

Negara Arab dilaporkan membangun rumah Ibadah tiga agama. Bukan hanya Islam, rumah ibadah itu juga memuat gereja dan kuil Yaudi, sinagog.

Hal ini merupakan yang pertama khususnya di kawasan Teluk. Mengutip CNN International, kawasan itu dinamakan “Abrahamic Family House”.

Proyek itu berdiri di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Ini dibuat arsitek terkenal David Adjaye. 

Proyek itu disebut menggabungkan beberapa gaya arsitektur yang secara tradisional ditemukan di masjid, gereja, dan sinagoga di seluruh dunia.

Khusus Masjid, bangunan diberi nama Masjid Imam Al-Tayeb. Ini mengambil inspirasi nama Imam Besar Al Azhar.

“Apa yang akan Anda lihat di semua proyek adalah selalu tentang penyaringan cahaya, pemisahan cahaya,” kata Adjaye.

“Di Masjid … cahaya mengelilingi Anda di tengah keheningan … menghadap Mekkah,” tambahnya.

Bangunan gereja sendiri diberi nama, St. Francis of Assisi. Sementara kuil Yahudi yang dibuat diberi nama Moses Ben Maimon, yang menghormati filsup di abad ke 12.

Komplek bangunan ini secara general berbentuk kubus. Bangunan memiliki ukuran 30 meter kali 30 meter.

“Desain dimaksudkan untuk memberikan dasar bersama dari mana toleransi dan pemahaman dapat dipromosikan,” kata Adjaye lagi.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*