Hore, Pak Bas Bangun Lahan Parkir Dadakan di Jalur Mudik Ini

Basuki Hadimuljono saat rapat di Komisi V DPR RI (Tangkapan layar youtube Komisi V DPR RI Channel)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, untuk mendukung kebutuhan pemudik, telah disediakan lokasi untuk parkir sementara. Termasuk lokasi tempat istirahat atau rest area.

“Jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) kondisinya sangat baik. Walaupun baru ada 1 tempat istirahat, tapi Pertamina sudah memprogramkan akan ada mobil Pertamina yang melayani kebutuhan BBM di sepanjang Pansela,” kata Basuki.

Hal itu disampaikan saat rapat kerja (raker) dengan Komisi V DPR bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Selasa (4/4/2023).

“Untuk ketersediaan lahan parkir, ada di km 97 jalur Jakarta-Merak, kita siapkan lahan parkir sementara 5 ha,” katanya.

“Dan jalur Cipali km 81 sedang dikerjakan lahan parkir sementara untuk bisa dipakai untuk istirahat para pemudik nanti,” tambah Basuki.

Basuki menambahkan, perbaikan-perbaikan dan pemantapan kualitas jalan terus dilakukan, termasuk jalan rusak akibat banjir di Kudus sepanjang 2 km. Juga menambah ketersediaan fasilitas umum yang dibutuhkan pemudik, termasuk toilet.

Menurutnya, kemantapan jalan-jalan nasional di pulau Jawa saat ini berkisar 92-97%.

“Jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa masih jadi favorit bagi pemudik saat musim libur Lebaran. Kondisi jalan nasional lintas utara Jawa 1.229 km kemantapannya 92%. Kita masih terus lakukan perbaikan jalan yang rusak,” katanya.

“Lintas tengah sepanjang 1.197 km kemantapannya lebih baik, 95%. Lalu lintas selatan Jawa 888 km kemantapannya 97%. Dan, jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) 1.523 km kemantapannya 93%,” tambah Basuki.

Untuk jalur Pansela, kata dia, telah ditambah tempat istirahat di daerah Gunung Kidul.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*