Isu Reshuffle Kembali Ramai Dibahas, Ini Jawaban Jokowi!

Presiden Jokowi meninjau langsung proyek normalisasi Kali Ciliwung yang ada di Jalan Inspeksi Ciliwung, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023). (Pool/Birosetpres/Muchlis Jr)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab isu perombakan kabinet yang dikabarkan terjadi dalam waktu dekat ini. Menurutnya hal ini belum akan dilakukannya dalam waktu dekat.

“Belum,” kata Jokowi kepada wartawan, usai mengunjungi Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al-Ittifaq di Bandung, Senin (6/3/2023).

Sebelumnya beredar kabar mengenai pergantian posisi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, usai dia menjabat sebagai Wakil Ketua PSSI mendampingi Erick Thohir.

Presiden juga mengungkapkan sebelumnya bahwa Amali juga sudah mundur secara informal. Meski secara resmi surat pengunduran dirinya masih belum diterima oleh pihak Istana.

Selain itu isu reshuffle juga sempat menguak pasca Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden di 2024 nanti. Meski begitu juga belum terlihat ada tanda-tanda presiden bakal melakukan penggantian posisi Menteri yang merupakan Kader Nasdem.

Selain itu, Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin juga sempat angkat suara mengenai kabar reshuffle. Menurut dia belum melihat reaksi positif dari Presiden terhadap keputusan Reshuffle.

“Kalau desakan, itu kan banyak dari mana-mana, tapi kan Pak Jokowi belum memberikan reaksinya. Jadi, bagaimana saya bisa tahu karena belum ada reaksi ke arah itu,” ujar Ma’ruf Amin mengutip laman Kementerian Sekretariat Negara.

Lebih lanjut Wapres mengungkapkan, ia belum memberikan masukan apapun kepada Presiden terkait bongkar pasang menteri di sisa periode ini.

“Kalau saya, belum bicara mengenai hal itu, belum bicara soal seperti itu. Biasanya kan kalau memang mau melakukan, Pak Jokowi ngasih tahu. Kalau ini, kan belum. Jadi, belum tahu,” imbuh Wapres.

Wapres menilai, keputusan perombakan kabinet ada pada Presiden Joko Widodo. Adapun keputusan tersebut didasarkan pada kinerja para menteri dalam membantu melaksanakan kebijakan pemerintah.

“Biasanya Pak Jokowi itu melakukan reshuffle berdasarkan kinerja. Karena itu kan yang biasanya menjadi dasar, kan gitu,” tutur Wapres.

Terkait bagaimana penilaian kinerja menteri saat ini, Wapres juga merasa bahwa hal itu merupakan hak prerogatif Presiden. Ia tidak tahu menahu mengenai hal tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*