Jokowi Guyur Insentif Rp 1,7 T untuk 250.000 Motor Listrik

Konferensi Pers KBLBB, Senin (6/3/2023) (Tangkapan layar Youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI)

Pemerintah memberikan bantuan insentif senilai Rp 7 juta per motor listrik kepada 200.000 unit motor di 2023. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio N. Kacaribu dalam konferensi pers Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KLBB) , Senin (6/3/2023).

“Motor listrik ini yang dapat bantuan yang diproduksi di Indonesia seperti dijelaskan pak Menteri Perindustrian dengan TKDN 40% atau lebih,” ungkap Febrio.

Dia menegaskan bahwa bantuan diberikan selama memenuhi kriteria, yakni produsen tidak menaikkan harga jual selama masa pemberian bantuan dan memiliki komitmen produksi di dalam negeri untuk jumlah di atas.

Selain itu, program kedua diberikan kepada 50.000 motor berbahan bakar fosil yang bersedia melakukan konversi ke listrik. Adapun, program ini diperuntukkan bagi motor dengan CC rendah.

“Target penerima bantuan adalah pelaku UMKM utamanya khususnya penerima KUR lalu BPUM,” paparnya. Kemudian, terbuka juga pemberian insentif konversi ini kepada pelanggan 450-900 VA.

Dengan demikian, pemerintah menyiapkan anggaran Rp 1,7 juta triliun bagi 250.000 motor listrik tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*