Mudik ke Jawa Timur? Tol Baru Ini Siap Dilewati Saat Lebaran

Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,3 kilometer (km), di gerbang Tol Probolinggo Timur, Jawa Timur, Rabu (10/4/2019). (Arief Budi Mulyanto (Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR))

Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo Seksi 4A ruas Probolinggo Timur – IC Gending sepanjang 8,57 Km dengan progres fisik sebesar 97,7% akan dibuka secara fungsional dan diharapkan dapat melayani pengguna jalan tol saat mudik lebaran 2023. Hal ini untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran 2023.

Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo memiliki total panjang 43,75 Km yang terdiri dari 4 seksi yaitu, Seksi 1 Grati – Tongas sepanjang 13,5 Km, Seksi 2 Tongas – Probolinggo Barat sepanjang 6,9 Km, Seksi 3 Probolinggo Barat – Probolinggo Timur sepanjang 10,90 Km, ketiga seksi tersebut telah beroperasi sejak tahun 2019.

Jalan Tol ini merupakan salah satu ruas utama dari Jalan Tol Trans Jawa yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti Kawasan Industri, pariwisata, bandara dan pelabuhan dan diharapkan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Selain mendukung kawasan produktif lainnya, jalan tol ini juga menjadi pintu masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo – Tengger – Semeru dan juga memperlancar mobilisasi kegiatan bongkar muat logistik di Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo.

Direktur Jalan Bebas Hambatan, Direktorat Jenderal Bina Marga Budi Harimawan mengatakan bahwa Kementerian PUPR telah melakukan peninjauan lapangan khusus untuk menyiapkan penyelenggaraan mudik lebaran 2023 dengan berkoordinasi dengan stakeholders terkait.

“Sesuai dengan arahan Presiden libur lebaran akan dimulai pada tanggal 19 April hingga 25 April dan pekerjaan konstruksi akan dihentikan H-10, alat-alat berat yang berada di jalan tol konstruksi sudah tidak ada di lapangan,” kata Budi dikutip dari laman Kementerian PUPR, Selasa (4/4/2023)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*