Simak! Biden Blak-blakan soal Kejatuhan SVB & Signature Bank

 

Presiden AS Joe Biden kembali ke panggung dalam gerakan dadakan untuk mengumumkan bahwa AS telah memenangkan pertandingan Piala Dunia saat ia mengunjungi fasilitas SK Siltron CSS di Bay City, Michigan, AS, 29 November 2022.(REUTERS/Evelyn Hockstein)

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden blak-blakan soal kolapsnya Silicon Valley Bank (SVB) dan Signature Bank dan dampak yang ditimbulkannya.

Biden berusaha meyakinkan deposan Silicon Valley Bank dan Signature Bank bahwa uang mereka aman karena diasuransikan oleh Dana Penjamin Simpanan (Deposit Insurance Fund). Namun, dia mengatakan investor di sekuritas bank yang gagal tidak akan mendapatkan jaminan yang sama.

“Investor di bank tidak akan dilindungi,” kata Biden dalam pidatonya di Gedung Putih, Senin (13/3/2023), sebagaimana dikutip dari CNBC International.

“Mereka dengan sadar mengambil risiko dan ketika risiko itu tidak membuahkan hasil, para investor kehilangan uang mereka. Begitulah cara kerja kapitalisme.”

Federal Deposit Insurance Corp. (FDIC) dan Federal Reserve akan sepenuhnya menanggung simpanan di kedua bank yang gagal dan mengandalkan Wall Street dan lembaga keuangan besar untuk membayar tagihan.

Adapun, Signature Bank yang berbasis di New York, yang ditutup pada Minggu karena ketakutan kegagalan sistemik yang serupa dengan SVB, telah menjadi sumber pendanaan yang populer untuk perusahaan mata uang kripto.

“FDIC pada Jumat mengambil kendali atas aset SVB dan Signature [pada] akhir pekan,” kata Biden. “Semua pelanggan yang memiliki simpanan di bank-bank ini dapat yakin bahwa mereka akan dilindungi dan mereka akan memiliki akses ke uang mulai hari ini.”

Departemen Keuangan menetapkan SVB dan Signature sebagai risiko sistemik, memberikan wewenang untuk mengambil tindakan khusus untuk kedua institusi tersebut. Dana Asuransi Simpanan FDIC, bukan uang pembayar pajak, akan digunakan untuk melindungi para deposan. banyak di antaranya memiliki simpanan lebih dari US$ 250.000.

″”Tidak ada kerugian yang akan ditanggung oleh pembayar pajak,” tegas Biden.

“Saya akan mengulanginya – tidak ada kerugian yang akan ditanggung oleh pembayar pajak. Sebaliknya uang akan datang dari biaya yang dibayarkan bank ke Deposit Insurance Fund.”

Menurut pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh FDIC, Federal Reserve, dan Departemen Keuangan, setiap kerugian pada Deposit Insurance Fund akan ditanggung oleh penilaian khusus yang dikenakan pada bank yang diasuransikan secara federal.

Biden juga menegaskan manajemen senior bank akan dipecat setelah pengambilalihan oleh FDIC.

“Orang Amerika dapat yakin bahwa sistem perbankan aman,” kata Biden. “Simpanan Anda akan tersedia saat Anda membutuhkannya.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*