Sri Mulyani Beberkan Data Terbaru: RI & India Terkuat di Asia

Sri Mulyani Beberkan Data Terbaru: RI & India Terkuat di Asia

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani saat acara Dinner & Sharing with Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (21/7/2023). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

Indonesia bersama India menjadi negara yang memiliki kinerja ekonomi terkuat di dunia saat ini. Tercermin dari Purchasing Managers Index Manufaktur atau PMI per Juli 2023.

Menteri https://rumahkasterbaik.store/ Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan berdasarkan PMI Manufaktur pada periode itu, mayoritas negara-negara dunia tengah mengalami kontraksi atau angka indeksnya di bawah 50.

Tercermin dari distribusi PMI Manufaktur Juli 2023 negara G20 dan ASEAN 6 yang 72,7% du zona kontraksi, di antaranya Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Jepang, Korea Selatan, China hingga Vietnam dan Malaysia.

Sementara itu, Indonesia menjadi bagian dari kategori negara yang mengalami ekspansi dari sisi indikator PMI dengan angka indikator di level 53,3. Ini bersama dengan India yang mencapai 57,8.

Total negara yang PMI Manufakturnya ekspansi dan akseleratif sebanyak 18,2% sedangkan yang dalam kategori ekspansi melambat sebesar 9,1%. Itu di antaranya adalah Thailand dan Rusia.

“Indonesia dan India adalah dua negara yang memiliki ekonomi kuat dan mengalami pertumbuhan tinggi sementara ada negara di ASEAN maupun Asia yang selama ini cukup kuat tapi dalam kondisi terimbas oleh perekonomian global yang melemah,” kata Sri Mulyani saat konferensi pers APBN, Jumat (11/8/2023).

Sri Mulyani menjelaskan, anjloknya angka PMI mayoritas negara-negara di dunia itu disebabkan pelemahan ekonomi dunia yang tengah terjadi. Penyebabnya Eropa dan China yang dari sisi kinerja ekonomi dan manufakturnya yang melemah.

“Dari total negara yang disurvei PMI ini 72,7% negara-negara tersebut berada dalam aktivitas manufaktur yang kontraktif, ini sangat besar, artinya perekonomian dunia dicirikan dengan mayoritas negara kondisi kegiatan manufakturnya melambat,” ucap Sri Mulyani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*